skip to Main Content

Rekomendasi Kuliner Yogyakarta yang Harus Kamu Datangi Versi Planet Ndeso

Kuliner Yogyakarta

Kurang lengkap rasanya saat berjalan-jalan di Yogyakarta tanpa mengunjungi tempat-tempat kulinernya. Banyak sekali tempat kuliner yang direkomendasikan melalui sosial media dan pastinya akan membuat kamu bingung mau memilih yang mana. INILAH tempat-tempat kuliner yang memang WAJIB kamu kunjungi versi Planet Ndeso saat jalan-jalan di KOTA GUDEG.

Sponsored links

Bakso Ironayan

Bakso Ironayan

Image by @jajanyogya

Lokasi : Ironayan RT. 03, Baturetno, Banguntapan, Plakaran, Banguntapan, Bantul
Google Rating : 4.5 (427 Ulasan)
Google Map : Lokasi Bakso Ironayan

Lokasinya berada di tengah perkampungan dan cukup jauh dari pusat kota Yogyakarta. Namun tetapi tidak membuat tempat makan yang satu ini sepi dari pengunjung. Rasa bakso yang spesial adalah alasan mengapa tempat makan β€œmblusuk” ini selalu didatangi pelanggannya. Bakso di sini hanya terbuat dari daging sapi tanpa menggunakan banyak campuran. Hal ini yang membuat rasa bakso racikan Pak Jam begitu spesial. Bakso Pak Jam memiliki tekstur kenyal di bagian luar dan pada bagian dalamnya begitu lembut. Selain itu rasa bakso yang berukuran tidak terlalu besar ini juga sangat gurih.Kuah baksonya, cukup bening dengan rasa yang gurih dan segar. Citarasa bakso tersebut akan semakin mantap jika ditambah dengan sambal. Sambalnya pun cukup spesial. Meskipun sangat terkenal, warung bakso yang buka mulai pukul 10:00 WIB sampai dengan 20:00 WIB (atau sampai habis) ini harga seporsi baksonya masih terjangkau.

Bakso Dan Es Buah PK Pakuningratan

Bakso dan Es Buah PK

Image by @riderkulineran

Lokasi : Jl. Pakuningratan No.76 A, Yogyakarta
Google Rating : 4.4 (305 Ulasan)
Google Map : Lokasi Bakso Dan Es Buah PK Pakuningratan

Salah satu tempat makan yang cukup legendaris di Yogyakarta. Es buahnya mantap dan wajib dicoba jika kamu sedang berada di Yogyakarta. Potongan buah yg besar-besar, disiram kuah manis, dan ditutup dengan es serut, wuihhh…segeer!! Untuk pilihan topping tersedia topping sirup atau susu kental manis coklat, yang bisa kamu pilih tergantung selera. Menu bakso nya juga enak, butirnya besar dan kenyal, plus bakso goreng. Walaupun tempat makan ini hanya berupa tenda kaki lima, tapi selalu ramai pembeli, bahkan sampai gelar tikar di sepanjang trotoar sekitarnya. Oh, ya rekomendasi dari kami lebih baik take away saja.

Empal Bu Warno

Empal Bu Warno

Image by @gembulfoodie

Lokasi : Pasar Beringharjo Lantai 2 Los Timur PA 1 No 423, Ngupasan, Yogyakarta
Google Rating : 4.2 (29 Ulasan)
Google Map : Lokasi Empal Bu Warno

Rasa dari olahan empal yang dijual di Warung Empal bu Warno ini berbeda dari biasanya, biasanya empal cenderung manis dan dominan rasa ketumbar tetapi di Empal Bu Warno rasanya benar-benar pas tidak ada dominan dari satu rasa tertentu dan lebih gurih tentunya. Daging empalnya sangat empuk dan sangat mudah dipotong meskipun hanya dengan menggunakan sendok dan ketika kita mengigitnya pun langsung seperti lumer di mulut. Di Empal Bu Warno menyediakan daging dengan lemak, iso, babat dan paru. Empal Bu Warno memang sudah berpengalaman dalam memasak empal terbukti rasa olahan empalnya yang banyak di gemari oleh warga Yogyakarta. Di Warung Empal Bu Warno, empal disajikan dengan nasi putih hangat yang dipadu sambal bawang yang rasanya benar-benar akan membuat kamu ingin nambah lagi. Jika kamu ke Pasar Bringharjo, mencari Warung Empal Bu Warno mungkin akan sedikit sulit tetapi jika kamu masuk dari depan, kamu tinggal naik ke tangga lantai 2, lurus terus sampai ke dalam bagian belakang dan kemudian belok kanan, warungnya menghadap ke sisi samping dan menghadap ke arah masjid atau jika ingin lebih mudah kamu bisa lewat samping (sisi selatan) sebrang masjid dan cukup naik satu lantai.

Sate Ayam Tukangan

Sate Ayam Tukangan

Image by @nonaculinary

Lokasi : Tegal Panggung, Danurejan, Yogyakarta
Google Rating : 4.7 (3 Ulasan)
Google Map : Lokasi Sate Ayam Tukangan

Sate ayam tukangan (cak amat) salah satu street food cukup legendaris di Yogyakarta tapi sayangnya belum banyak wisatawan yang tahu tentang sate ini. Berlokasi di belakang pasar lempuyangan atau palang pintu stasiun lempuyangan sebelah barat (seberang Es Murni 83), memiliki cita rasa sate yang luar biasa nikmatnya dengan aneka varian sate daging, kulit, brutu dan uritan, sate ini benar-benar gurih apalagi dipadu dengan bumbu kacang yang nikmat. Untuk harga juga bervariasi tergantung jenis satenya, mulai Rp. 1.500,- an per tusuknya dan Rp. 17.000.- untuk satu porsi sate plus lontong. Penasaran mau cobain ? dijamin ketagihan. Oh, ya sate ini buka mulai jam 5 sore dan biasanya sudah habis jam 8 malam.

Warung Soto Kadipiro

Soto Kadipiro

Image by @rika_dinarjanti

Lokasi : Jl. Wates No.33, Kadipiro, Yogyakarta
Google Rating : 4.5 (1.198 Ulasan)
Google Map : Lokasi Warung Soto Kadipiro

Warung soto yang sudah berdiri sejak jaman penjajahan jepang di daerah Kadipiro ini menjadi salah satu destinasi kuliner yang wajib kamu kunjungi saat sedang di Kota Yogyakarta. Soto yang memiliki cita rasa gurih yang berasal dari kaldu ayam kampung dipadu dengan irisan tipis daging ayam dan perkedel ini mulai buka dari jam 7.30 pagi sampai habis. Untuk pelengkap tersedia juga perkedel, tahu bacem dan potongan daging ayam yang siap menemani sebagai pelengkap menyantap Soto Kadipiro ini. Ada banyak sekali warung soto di daerah Kadipiro tetapi jika kamu mau mencoba soto kadipiro yang pertama dan memiliki cita rasa yang khas kamu bisa mengunjungi warung soto sesuai dengan map yang telah kami berikan (warung soto utara jalan, hadap selatan).

Sate Klathak Pak Pong

Sate Klathak Pak Pong

Image by @erwinff

Lokasi : Jl. Sultan Agung No.18, Jejeran, Wonokromo, Pleret, Bantul, Yogyakarta
Google Rating : 4.3 (7.734 Ulasan)
Google Map : Lokasi Sate Klathak Pak Pong

Sate Khas Yogyakarta ini wajib dicoba kalau kamu sedang ada di Kota Yogyakarta. Sate Klathak Pak Pong adalah salah satu icon sata klathak yang cukup terkenal di Yogyakarta. Hal itu bisa dilihat dari pengunjung yang datang ke sini akhir pekan dan pada jam makan malam, jika kamu datang pada waktu-waktu tersebut sudah tentu saja siap-siap mengantri bahkan bisa sampai lebih dari satu jam. Letaknya cukup jauh dari pusat Kota Yogyakarta ke arah selatan, masuk daerah Bantul. Tempatnya sangat cocok untuk makan bersama keluarga. Pelayanan cukup ramah. Pemesanan dilakukan di meja dengan pelayan yang akan menghampiri. Jika antrean cukup lama, tersedia otak-otak yang bisa dipesan sambil menunggu pesanan tiba. Selain sate klathak, menu wajib yang harus dipesan adalah tongseng dan tengkleng.

Soto Daging Sapi Bu Pujo

Soto Daging Sapi Bu Pujo

Image by @jogjafood

Lokasi : Pasar Beringharjo Lantai 2, Jl. Pabringan No.17, Ngupasan, Gondomanan, Yogyakarta
Google Rating : 4.6 (17 Ulasan)
Google Map : Lokasi Soto Daging Sapi Bu Pujo

Ke Pasar Beringharjo tidak saja hanya ada batik, tetapi ada kuliner yang bisa kalian nikmati ketika mengunjungi Pasar Beringharjo. Soto Sapi Bu Pujo namanya, berlokasi di Lantai 2 los timur Pasar Beringharjo, soto sapi ini memiliki cita rasa yang sangat luar biasa. Semangkok soto daging sapi tersebut terdiri dari nasi putih, mie soon, potongan kol atau kubis, taoge (kecambah), dan potongan daging sapi dan kemudian di siram dengan kuah bening yang memberikan rasa gurih dan segar. Jika kamu mampir ke sana, jangan lupa mencicipi tempe garitnya dan es campurnya yang maknyus.

Mangut Lele Mbah Marto

Mangut Lele Mbah Marto

Image by @dianitaokta

Lokasi : Ngireng-ireng, Panggungharjo, Sewon, Bantul, Yogyakarta
Google Rating : 4.4 (1.112 Ulasan)
Google Map : Lokasi Mangut Lele Mbah Marto

Inilah salah satu kuliner blusukan di kota Yogyakarta karena lokasinya yang memang dulunya tidak terdeteksi oleh Google Map. Mangut Lele Mbah Marto terletak di selatan Kota Yogyakarta tepatnya di Dusun Sewon, Bantul, Yogyakarta. Untuk ke lokasi kuliner ini kamu harus melewati gang-gang sempit dan mungkin ada baiknya jika bertanya kepada warga sekitar agar tak salah tempat. Di sini kamu bisa mengambil nasi sepuasnya dan memilih lauk apa yang kamu inginkan langsung dari dapurnya yang masih tradisional dan perlu kamu ingat, yang harus kamu coba disini adalah Mangut Lele karena menu yang satu ini rasanya mantab banget dan menjadi ciri khas tempat makan ini karena tidak ada di tempat makan lainnya. Mangut Lele Mbah Marto buka mulai jam 11 siang dan untuk menikmati hidangan lengkap mangut lele beserta kawan-kawannya. Tertarik untuk mencobanya ?

Bakmi Jawa Mbah Mo

Bakmi Jawa Mbah Mo

Image by @jogjafood

Lokasi : Jl. Parangtritis No.KM. 11, Code, Trirenggo, Bantul, Yogyakarta
Google Rating : 4.2 (784 Ulasan)
Google Map : Lokasi Bakmi Mbah Mo

Kuliner yang terletak kurang lebih 19 KM dari pusat Kota Yogyakarta ini merupakan salah satu kuliner legendaris Yogyakarta dan wajib anda kunjungi apabila sedang berkunjung ke kota pelajar ini. Buka mulai pukul 17.00 WIB sampai 23.00 WIB, Bakmi Mbah Mo bisa dijadikan salah satu alternatif untuk makan malam kamu. Akan tetapi ada baiknya kamu datang sebelum pukul 17.00 WIB karena jika kamu datang saat jam makan malam maka kamu harus bersiap-siap untuk antri kurang lebih 2 jam agar bisa menikmati lezatnya bakmi nyemek Mbah Mo. Karena lokasinya jauh dari pusat kota Yogyakarta, yaitu di Desa Code, Bantul, sehingga kita membutuhkan waktu beberapa saat hingga tiba di lokasi. Ada dua jalur untuk bisa sampai ke Warung Bakmi Mbah Mo, bisa lewat Jalan Parangtritis atau melewati Jalan Bantul. Kalau lewat Jalan Parangtritis, setelah menemui perempatan (traffic light) Manding ambil jalan ke arah barat (kanan), kemudian bertemu dengan perempatan jalan lingkar luar Bantul, ambil arah ke utara sampai menemui Desa Code. Bakmi Jawa Mbah Mo menyediakan beberapa menu varian bakmi diantaranya adalah Bakmi Godog, Bakmi Goreng, Bakmi Nyemek. Tertarik untuk mencobanya ?

Entok Slenget Kang Tanir

Entok Slenget Kang Tanir

Image by @ceritamakan

Lokasi : Jl. Pakem – Turi, Pules Lor, Donokerto, Turi, Sleman, Yogyakarta
Google Rating : 4.3 (393 Ulasan)
Google Map : Lokasi Entok Slenget Kang Tanir

Sore-sore makan yang pedes-pedes dan sekalian jalan-jalan ke pelosok Yogyakarta, tepatnya daerah sleman rasanya itu maknyus banget. Ini nih Entok Slenget Kang Tanir yang rasa pedesnya paling juara dan puas banget rasanya karena tidak sia-sia blusukan sampai sini. Cukup dengan Rp. 18.000,- (kurang lebih) kamu sudah bisa menikmati sajian entok slenget ini. Untuk rasa pedes nya bisa sesuai selera kok, mau yang pedes sedeng atau super pedes dan bisa juga tidak pedes buat kamu yang gak bisa makan yang pedes-pedes. Warung ini buka mulai pukul 4 sore dan tutup 7 malam tapi biasanya sebelum itu sih sudah habis duluan. Oh, ya buat kamu yang bingung bagaimana caranya ke sini ini petunjuk arahnya. Jl Palagan km 15, belok kiri saat ada plang Hijau MTS Sleman, terus ke barat sampai bertemu puskesmas, terus sampai bertemu perempatan lampu ijo. Belok Kanan, dan ke arah utara sampai bertemu plang Enthok Slenget Kang Tanir.

Ayam Goreng Jawa Mbah Cemplung

Ayam Goreng Jawa Mbah Cemplung

Image by @iwashere_id

Lokasi : Sendang Semanggi RT No.05, Sembungan, Bangunjiwo, Kasihan, Bantul, Yogyakarta
Google Rating : 4.3 (393 Ulasan)
Google Map : Lokasi Ayam Goreng Jawa Mbah Cemplung

Kuliner Yogyakarta memang tidak ada matinya, salah satunya adalah Ayam Goreng Jawa Mbah Cemplung. Kuliner ini termasuk salah satu kuliner “blusukan” yang harus kamu coba. Selain tempatnya yang cukup jauh dari pusat Kota Yogyakarta, lokasi kuliner ini lumayan susah di cari terutama bagi para pendatang di Kota Yogyakarta. Tekstur ayam gorengnya yang empuk dan rasanya yang gurih, tak heran jika warung makan yang buka mulai jam 8 pagi ini terkadang sudah habis saat jam makan siang tiba. Jadi, buat kamu yang ingin mencicipi kuliner yang satu ini datanglah sebelum jam makan siang tiba. Oh, ya sambal bawang di sini juga enak dan menjadi salah satu sambal favorit bagi mereka yang suka rasa pedas. Cukup dengan Rp. 30.000,- sampai Rp. 100.000 (tergantung ukuran ayam) kamu sudah bisa menikmati seporsi ayam goreng dan nasi hangat dipadu dengan lezatnya sambal bawang khas dari Ayam Goreng Jawa Mbah Cemplung.

Nasi Soon Bu Roso

Nasi Soon Bu Roso

Image by @jogjaeatgrapher

Lokasi : Jl. Brigjen Katamso, Prawirodirjan, Gondomanan, Yogyakarta
Google Rating : 4.3 (35 Ulasan)
Google Map : Lokasi Nasi Soon Bu Roso

Inilah salah satu street food legend di Yogyakarta, Nasi Soon Bu Roso. Cukup dengan Rp. 5.000,- saja, kamu sudah bisa menikmati sensasi street food yang buka mulai jam 4 sore dan sudah habis saat menjelang maghrib. Kuliner yang berlokasi di tengah Kota Yogyakarta tepatnya di Jl. Brigjen Katamso (Jogjatronik ke utara sebelum lampu merah sama toko Alat pancing), bisa dijadikan alternatif pilihan kuliner di sore hari. Selain harganya yang murah, pilihan lauknya juga sangat banyak.

Tongseng Ayam Sudimoro

Tongseng Ayam Sudimoro

Image by @jogjaeaters

Lokasi : Kurahan, Bantul, Yogyakarta
Google Rating : 4.5 (14 Ulasan)
Google Map : Lokasi Tongseng Ayam Sudimoro

Salah satu lokasi kuliner di daerah Bantul, Yogyakarta yang wajib kamu coba adalah Tongseng Ayam Sudimoro yang berlokasi di selatan pasar bantul. Lokasi kuliner ini cocok buat kamu yang ingin makan tongseng atau gulai tapi tidak bisa makan daging kambing atau tidak boleh lagi konsumsi daging kambing. Daging ayam disini memiliki tekstur seperti daging kambing karena ayam yang digunakan adalah ayam jago. Menurut pemilik warung, daging ayam jago lebih berurat dan apabila bisa mengolahnya akan lebih empuk dan gurih sehingga cocok untuk tongseng dan gulai. Tongseng & Gulai Ayam Sudimoro buka mulai pukul 7 pagi sampai sekitar pukul 3 sore, tapi biasanya sudah habis seusai jam makan siang.

Sate Kere Kupat Sayur “Pak Mardi”

Sate Kere Kupat Sayur "Pak Mardi"

Image by @jogjaeatguide

Lokasi : Jalan Godean, Sidomoyo, Godean, Sleman, Yogyakarta
Google Rating : 4.5 (111 Ulasan)
Google Map : Lokasi Sate Kere Kupat Sayur “Pak Mardi”

Sate yang sudah mulai berjualan kurang lebih sejak 30 tahun yang lalu ini, mengawali usahanya dengan berkeliling di desa-desa sekitar godean menggunakan gerobak. Hingga akhirnya Sate Kere Mbah Mardi memiliki warung sendiri yang berlokasi di Jl. Godean. Asal nama sate kere diberikan karena memang harga satenya yang murah dan terjangkau untuk semua kalangan. Sate kere terbuat dari campuran daging sapi dan lemak sapi yang dipadukan dengan sayur tempe khas desa. Warga sekitar warung Mbah Mardi selalu berduyun duyun membeli sate kere sampai persediaan habis. Warung makannya sederhana dan terkesan ndeso dengan asap membumbung oleh bakaran sate. Harum sate sapi menusuk hidung. Tempat makan yang hanya tersedia satu meja dan kursi yang selebihnya beralaskan tikar, tidak seperti warung-warung kebanyakan menambah kesan ini warung ndeso banget! Kebanyakan pengunjung yang datang adalah warga sekitar, tapi sering juga kedatangan pembeli dari luar kota karena meskipun harganya sangat murah, sate di sini rasanya nendang banget.

Gudeg Pawon

Gudeg Pawon

Image by @jogjafoofhunter

Lokasi : Jalan Janturan UH/IV No.36, Warungboto, Umbulharjo, Yogyakarta
Google Rating : 4.3 (1.655 Ulasan)
Google Map : Lokasi Gudeg Pawon

Warung makan gudeg yang buka pukul 10 malam ini biasanya sudah habis saat pukul 11 malam. Mungkin inilah warung gudeg yang paling cepat habis di Yogyakarta. Selain gudegnya yang memang maknyus, sensasi makan di sini adalah mengambil langsung dari dapurnya dan melihat proses memasaknya yang masih dilakukan dengan cara tradisional. Harga per porsi kurang lebih Rp. 25.000,- untuk seporsi nasi gudeg, ayam, telor dan krecek. Buat kamu yang penasaran dengan gudeg pawon, kami sarankan datang pukul 9 malam daripada kamu tidak kebagian. Tertarik untuk mencobanya? Jangan takut untuk mengantri karena sangat pantas untuk dicoba!

Bakmi Mbah Gito

Bakmi Mbah Gito

Image by @revvias

Lokasi : Jl. Nyi Agengnis No.9, Rejowinangun, Kotagede, Yogyakarta
Google Rating : 4.3 (4.366 Ulasan)
Google Map : Lokasi Bakmi Mbah Gito

Main ke Yogyakarta belum afdol kalau kamu belum mampir ke warung bakmi jawa mbah Gito. Warung sederhana dengan interior njawani ini berlokasi di Jl. Ni Ageng Nis, No. 9, Rejowinangun, Kotagede, Yogyakarta. Kamu akan dibuat takjub ketika memasuki warung bakmi mbah Gito. Hampir keseluruhan interiornya didominasi dengan materi kayu. Bahkan ada beberapa yang masih berwujud kayu mentah seperti pohon yang menambah keunikan dari tempat ini. Terlebih lagi, di bagian pojok warung, kamu akan melihat panggung mini yang memang sebagai tempat pertunjukan wayang kulit setiap malam minggu. Di warung ini kamu bisa mencicipi ragam menu khas yang disajikan, mulai dari bakmi godhog, bakmi goreng, hingga nasi goreng cukup dengan IDR 20.000,- sampai dengan IDR 30.000,- (kurang lebih). Menu minuman yang wajib kamu coba adalah teh poci gula batu. Perpaduan antara aroma teh yang khas dengan manis yang pas dari gula batu mampu menjadi teman saat santap malammu. Warung bakmi Mbah Gito buka dari 11.00 hingga 23.00, tapi kami sarankan agar kamu datang lebih awal karena semakin malam tempat ini akan semakin ramai.

Mie Ayam Bu Tumini

Mie Ayam Bu Tumini

Image by @jogjafoodhunter

Lokasi : Jl. Imogiri Timur No.187, Giwangan, Umbulharjo, Yogyakarta
Google Rating : 4.4 (4.419 Ulasan)
Google Map : Lokasi Mie Ayam Tumini

Mie Ayam Bu Tumini adalah salah satu mie ayam tersohor dan fenomenal di daerah Yogyakarta bagian selatan. Kuahnya yang kental dan cekernya membuat banyak orang ingin selalu mampir ke warung mie ayam ini untuk makan siang. Jika kamu ke sini setiap jam makan siang dijamin antriannya sudah cukup panjang tapi semua itu akan terbayarkan dengan rasa mie ayam yang tidak akan pernah kamu lupakan. Untuk soal harga mie ayam ini sangat terjangkau yaitu kurang lebih Rp. 10.000,- per mangkoknya tapi untuk ukuran jumbo kamu harus menambah beberapa ribu rupiah saja. Tertarik untuk mencobanya ?

Gudeg Permata Bu Narti

Gudeg Permata Bu Narti

Image by @streetfoodstories

Lokasi : Jalan Gajah Mada, Purwokinanti, Pakualaman, Gunungketur, Yogyakarta
Google Rating : 4.4 (858 Ulasan)
Google Map : Lokasi Gudeg Permata Bu Narti

Gudeg legendaris ini sudah berdiri sejak 1951 tepatnya di Jalan Gajah Mada di samping bekas bioskop yang dikenal dengan nama Bioskop Permata. Karena letaknya yang berada di dekat Bioskop Permata, nama itu kemudian dilekatkan pada nama warung gudeg ini hingga kini. Ada dua jenis gudeg khas Yogyakarta, yakni gudeg kering dan gudeg basah. Dari namanya memang sama-sama gudeg, tapi dari jenisnya, Gudeg Permata Bu Narti ini cenderung basah. Perbedaannya gudeg basah disajikan dengan kuah areh atau kuah santan. Gudeg di sini tidak terlalu manis, maka tak heran banyak digemari oleh pendatang dari luar Yogyakarta. Kelengkapan lauknya pun tidak jauh berbeda dengan gudeg kering umumnya. Selain gudeg, seporsi makanan ini juga dilengkapi telur, potongan ayam (suwir), sambel krecek, baceman tahu dan tempe. Warung gudeg ini buka setiap malam dari pukul 21.00 WIB hingga dini hari.

Soto Ayam Pak Slamet

Soto Ayam Pak Slamet

Image by @gembulfoodie

Lokasi : Jalan Bibis, RT.01 / RW.09, Mejing Kidul, Ambarketawang, Gamping, Sleman, Yogyakarta
Google Rating : 4.4 (994 Ulasan)
Google Map : Lokasi Soto Ayam Pak Slamet

Inilah soto ayam langganan petinggi negeri ini, mulai dari Wakil Presiden Indonesia hingga Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta. Sajian soto ayam yang khas dengan kuahnya yang segar membuat pelanggan warung soto ini selalu datang kembali untuk sekedar sarapan di sini. Soto ayam yang buka mulai pukul 7 pagi dan tutup pukul 4 sore ini juga menyediakan berbagai macam jajanan tradisional seperti lupis, carang gesing, tahu bacem, sate telor, sate ayam, dll. Bagi kamu yang menyantap Soto Pak Slamet jangan lupa untuk mencoba sate telor atau sate ayam karena ini enak banget. Selain itu, lupis di sini juga sangat enak dan bisa kamu jadikan sebagai hidangan penutup.

Gudeg Mbah Lindu

Gudeg Mbah Lindu

Image by @siannakaur

Lokasi : Jl. Sosrowijayan, Sosromenduran, Gedong Tengen, Yogyakarta
Google Rating : 4.2 (432 Ulasan)
Google Map : Lokasi Gudeg Mbah Lindu

Jika kamu mencari sarapan pagi di Kota Yogyakarta, cobalah ke Gudeg Mbah Lindu yang terletak di Jl. Sosrowijayan di antara Hotel Malioboro Inn dan Grage Ramayana. Si mbah berjualan di pos ronda persis di depan malioboro minimarket. Gudeg Mbah Lindu adalah salah satu kuliner otentik Yogyakarta, bagaimana tidak aroma dan rasa di setiap suapannya memiliki cita rasa yg sangat istimewa. Gudeg ini tidak hanya menonjolkan rasa manisnya saja namun juga gurih, namun juga memiliki tekstur yang lembut. Kenikmatan gudeg ini berasal dari perpaduan krecek pedas (meskipun tidak begitu pedas dan tidak pahit), telur bacem (bacem meresap sampai ke dalam tapi tekstur telur tidak menjadi keras), kemudian suir ayam (tekstur daging ayam masih bisa dinikmati saat di gigit), dan nasi putih (Kematangan nasi cukup baik). Gudeg yang mulai buka sekitar pukul 5 pagi dan tutup pukul 10 pagi ini juga menyediakan bubur. Bagi kamu yang kurang suka sarapan nasi di pagi hari, kamu bisa mencoba bubur gudeg khas Mbah Lindu ini. Oh, ya jika kamu ingin menikmati buburnya datanglah lebih awal sebelum pukul 07:00.

Sate Petir Pak Nano

Sate Petir Pak Nano

Image by @jajanyogya

Lokasi : Jl. Jogja Ring Road Sel. No.90, Menayu Kidul, Tirtonirmolo, Kasihan, Bantul, Yogyakarta
Google Rating : 4.4 (296 Ulasan)
Google Map : Lokasi Sate Petir Pak Nano

Warung makan sate kambing dan tongseng paling cetar dan legendaris di Yogyakarta. Kenapa disebut cetar ? Karena kamu bisa memilih level pedas yang kamu mau mulai dari level TK sampai dengan level profesor! Dijamin kamu bakal keringetan dan ketagihan setelah makan satu porsi Sate Petir Pak Nano. Apakah karena rasa pedasnya saja tempat menjadi spesial ? Eitss.. ternyata daging kambing di sini juga sangat empuk makanya banyak orang yang suka makan Sate Petir Pak Nano. Selain rasanya, daging yang digunakan juga empuk sehingga menambah kenikmatan sate petir ini. Sate Petir Pak Nano buka mulai pukul 1 siang sampai dengan 5 sore, tapi biasanya sebelum jam 5 sore sate ini sudah habis diserbu pelanggan.

Nasi Godog Pak Pethel

Nasi Godhog Pak Pethel

Image by @riderkulineran

Lokasi : Bandung, Pendowoharjo, Sewon, Bantul, Yogyakarta
Google Rating : 4.3 (320 Ulasan)
Google Map : Lokasi Nasi Godog Pak Pethel

Kalau kamu lagi liburan di Yogyakarta, jangan lupa mampir ke kabupaten Bantul tepatnya di Sewon karena ada kuliner unik yaitu Sego Godog. Tempatnya sederhana dengan bangku panjang yang terbuat dari bambu atau biasa disebut lincak, kalau mau lesehan tersedia juga. Menu utama disini adalah Sego Godog, saat kamu melihat hidangan yang satu ini mungkin akan terlintas kalau hidangan ini mirip dengan soto ponorogo, nasi soto jawa timuran atau kuah seblak. Dari tampilan sekilas memang mirip tapi setelah kamu mencobanya pasti akan memiliki persepsi bahwa hidangan yang satu ini tidak kalah enak dari hidangan-hidangan yang serupa. Rasa pedas dan kuahnya yang kental membuat Nasi Godog ini banyak digemari bagi mereka yang suka dengan hidangan pedas. Sebaiknya jika kamu kesini harus bersiap dengan kesabaran karena antriannya lama bisa 2 jam menunggu. Kalau kamu tidak mau mengantri lama sebaiknya reservasi dahulu di siang atau sore hari.

Bale Timoho

Bale Timoho

Image by @baletimoho.resto

Lokasi : Jl. Ipda Tut Harsono No.58, Muja Muju, Umbulharjo, Yogyakarta
Google Rating : 4.2 (1.213 Ulasan)
Google Map : Lokasi Bale Timoho

Sajian ikan gurame di resto yang satu ini paling juara, di sini kamu bisa memilih berbagai jenis masakan ikan gurame mulai dari goreng, bakar, asam manis hingga sajian khas mereka ikan gurame bakar bale ayu. Selain ikan gurame, kamu bisa mencoba kepiting dan udang juga yang tak kalah nikmatnya. Menjadi salah satu resto yang berpengalaman dalam menyajikan masakan ikan gurame menjadikan Bale Timoho Resto menjadi salah satu destinasi resto keluarga paling direkomendasikan di kota pelajar ini. Selain makanan yang enak, Bale Timoho Resto juga menyediakan tempat yang nyaman untuk acara keluarga baik itu formal atau non-formal. Jika kamu kesini bersama teman dan keluarga jangan lupa untuk reservasi terlebih dahulu karena bisa jadi kamu tidak mendapatkan tempat saat datang tanpa reservasi terlebih dahulu. Oh, ya ada kamu bisa pesan juga sapo tahu dan juga terong goreng kecap karena kedua menu ini juga merupakan salah satu menu paling favorit di resto tersebut.

Bakso Jawi Bu Miyar

Bakso Jawi Bu Miyar

Image by @javafoodie

Lokasi : Jalan Jogonegaran No.55D, Pringgokusuman, Gedong Tengen, Yogyakarta
Google Rating : 4.5 (162 Ulasan)
Google Map : Lokasi Bakso Jawi Bu Miyar

Mana tahan kalo lagi makan disini, pasti kalap! Bakso Urat seporsi ditambah Bakso Goreng seporsi adalah sebuah kenikmatan yang sangat luar biasa! Memang tak diragukan lagi bakso disini adalah salah satu bakso paling juara soal rasa, banyak yang ketagihan dengan rasa Bakso Jawi Bu Miyar ini. Warung bakso yang buka mulai pukul 10 pagi ini biasanya sudah habis sebelum pukul 3 sore. So, buat kamu yang ingin mencoba kenikmatan Bakso Jawi Bu Miyar ini kami sarankan untuk datang sebelum jam 2 siang.

Warmindo Bu Siti

Warmindo Bu Siti

Image by @eatventure.inc

Lokasi : Jl. Sisingamangaraja No.35, Brontokusuman, Mergangsan, Yogyakarta
Google Rating : 4.3 (280 Ulasan)
Google Map : Lokasi Warmindo Bu Siti

Salah satu kuliner malam hits di Yogyakarta yaitu Indomie Nyemek Mbak Siti. Bukanya malam jam 21:00 WIB dan tutup sekitar pukul 03:00 WIB pagi. Masakan beliau bikin rasa Indomie nya semakin nendang dan yang pasti ketagihan. Buat kamu yang suka kelaparan di malam hari, kudu mampir nyobain olahan indomie nyemek ala Mbak Siti yang josss banget.

Gudeg Bromo Bu Tekluk

Gudeg Bromo Bu Tekluk

Image by @merli_sansan

Lokasi : Jalan Affandi No.2-A, Caturtunggal, Depok, Sleman, Yogyakarta
Google Rating : 4.3 (863 Ulasan)
Google Map : Lokasi Gudeg Bromo Bu Tekluk

Salah satu gudeg paling manteb yang bisa kamu nikmatin di malam hari. Gudeg Bromo Bu Tekluk, gudeg yang terletak di Jl. Affandi (Gejayan) ini menjadi salah satu tujuan wisata kuliner di malam hari terutama bagi para mahasiswa. Letaknya yang dikelilingi oleh kampus-kampus besar di Yogyakarta membuat gudeg ini dipadati antrian yang mayoritas adalah mahasiswa. Meskipun harus lama mengantri, tapi gudeg yang mulai buka dari jam 10 malam ini sangat worthed untuk ditunggu karena rasanya pasti bakal bikin kamu ketagihan. Untuk menikmati gudeg ini kamu akan merogoh kocek kurang lebih Rp. 15.000,- untuk per porsinya. Penasaran mau mencobanya ? Tapi ingat ya.. Datang lebih awal agar terhindar dari antrian yang sangat panjang.

Soto Ayam Pak Dalbe

Soto Ayam Pak Dalbe

Image by @gembulfoodie

Lokasi : Jl. Jend. Sudirman, Terban, Gondokusuman, Yogyakarta (Samping Pizza Hut)
Google Rating : 4.5 (51 Ulasan)
Google Map : Lokasi Soto Ayam Pak Dalbe

Nah.. Soto yang satu ini favorit banget, salah satu soto yang memiliki pelanggan setia cukup banyak. Banyak yang mengatakan bahwa soto ini adalah salah satu soto ayam paling enak di Yogyakarta. Soto yang terletak di Jl.Sudirman, samping persis Pizza Hut buka mulai pukul 6 pagi dan tutup pukul 2 siang atau biasanya tutup lebih awal jika sudah habis. Soto Pak Dalbe merupakan tipe soto Wonosari yang kuahnya manis, jadi tanpa ditambah kecap pun rasanya sudah manis. Bagi yang tidak suka manis jangan khawatir karena rasa manisnya sangat enak karena berpadu dengan bumbu gurihnya. Apabila kamu makan di sini bakal tambah lengkap lagi jika ditambah dengan sate dan mendoannya. Oh ya, jangan datang kesiangan, karena nanti bisa kehabisan mendoannya yang enak banget. Perlu kamu ingat juga, Soto Pak Dalbe tutup di hari sabtu. Jangan sampai salah hari ya kalau datang kesana.

Brongkos Alkid Handayani

Brongkos Alkid Handayani

Image by @jogjafoodhunter

Lokasi : Jl. Gading No. 2, Patehan, Kraton, Patehan, Kraton, Kota Yogyakarta
Google Rating : 4.4 (291 Ulasan)
Google Map : Lokasi Brongkos Alkid Handayani

Salah satu warung legendaris di Kota Yogyakarta yaitu Brongkos Alkid Handayani, Warung nasi Handayani sudah ada sejak tahun 1980an, sampai sekarang lokasinya masih tetap menempati sebuah bangunan kecil di selatan alun-alun kidul Yogyakarta, Warung Brongkos Alkid Handayani mulaib buka dari jam 8 pagi sampai jam 5 sore. Meskipun warungnya kecil tapi selalu ramai. Banyak artis nasional pernah mampir sini juga. Menu andalannya berupa nasi brongkos koyor dan nasi brongkos telur, brongkosnya enak dan pas di lidah yang berisi kacang merah dan terik tahu serta diberi krupuk udang. Di warung ini kita bisa memilih memakai telur ayam atau daging koyor sebagai lauknya. Selain brongkos tersedia juga menu lain yaitu, nasi rames telur, soto ayam dan nasi pecel tempe, dan tersedia juga tempe goreng yang dibalut dengan tepung tebal. Oh ya, satu lagi yg istimewa dari tempat ini adalah es campur. Isinya ada santan, kelapa kerok, tape singkong, sirup merah.

Warung Kopi Klotok

Warung Kopi Klotok

Image by @jogjaculinary

Lokasi : Jalan Kaliurang KM.16, Pakembinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta
Google Rating : 4.4 (8.206 Ulasan)
Google Map : Lokasi Warung Kopi Klotok

Inilah salah satu tempat kuliner paling kece di Yogyakarta untuk menghabiskan waktu bersama keluarga. Meskipun lokasi tempat kuliner yang satu ini cukup jauh dari pusat kota Yogyakarta, yaitu di Jl. Kaliurang KM. 16, Pakem, Sleman, Yogyakarta (kampus UII ke utara kurang lebih 1 KM, lihat kanan jalan ada papan nama), tempat ini cukup worth it untuk didatangi karena suasananya yang asri dan masih segar terutama di pagi hari. Warung makan ini menyediakan sajian khas kopi klotok dan makanan jawa tempo dulu. Antara lain Sego Megono, Lodeh Kluih, Sayur Asem, Sayur tempe lombok ijo dan berbagai lauk seperti tempe garit, tahu, gereh layur dan sebagainya. Suasana tempatnya di desain seperti rumah tempo dulu, dari meja kursi hingga interior ruangan dibuat sedemikian rupa agar terlihat seperti rumah jadul. Warung yang buka mulai jam 6 pagi hingga 10 malam ini, memiliki hidangan primadona yaitu babat dan pisang goreng. Jadi, jika kamu memutuskan untuk datang ke tempat ini jangan lupa memesan menu tersebut. Penasaran dengan tempat kuliner yang satu ini ? Datanglah saat pagi hari agar lebih nikmat ketika menyeruput kopi klotoknya.

Gudeg Sagan

Gudeg Sagan

Image by @sbyfoodhunter

Lokasi : Jl. Prof Dr. Herman Yohanes No. 53, Caturtunggal, Yogyakarta
Google Rating : 4.4 (3.292 Ulasan)
Google Map : Lokasi Gudeg Sagan

Gudeg sagan, seperti namanya gudeg ini berlokasi di daerah Sagan atau tepatnya di Jl.Prof.Dr.Herman Yohanes No.53, Sagan, Yogyakarta sebelah barat jalan. Untuk spotnya sekarang sudah sangat berkembang dibandingkan dulu yang hanya menghuni teras ruko, sekarang gudeg sagan sudah ada rumah baru, yaitu di ruko sagan baru. Tempatnya lebih luas dan nyaman, bahkan kalau malam lumayan romantis. Gudeg sagan menurut beberapa orang adalah gudeg dengan rasa paling maknyus karena berbeda dari yang lain. Gudegnya sendiri tidak terlalu manis tapi lebih ke arah spicy, terutama kreceknya itu lho, banyak yang tak suka pedas tapi setelah mencoba krecek di Gudeg Sagan ini menjadi ketagihan dengan pedasnya. Kata sebagian pelanggan di sini, “Pedasnya krecek di tempat ini, Nagih !!”. Tempat makan gudeg yang buka mulai pukul 9 pagi hingga 12 malam ini juga menyediakan live music sehingga menambah romantisme di malam hari dan tak heran banyak pasangan-pasangan muda makan di tempat ini.

Nasi Pecel Gumilang

Nasi Pecel Gumilang Yogyakarta

Image by @riderkulineran

Lokasi : Jl. Laksda Adisucipto No.31, Yogyakarta
Google Rating : 4.5 (158 Ulasan)
Google Map : Lokasi Nasi Pecel Gumilang

Jika kamu sedang berada di Yogyakarta dan mencari sarapan pagi, Pecel Gumilang ini bisa menjadi salah satu pilihan yang pas. Pecel yang disajikan dengan berbagai macam pilihan lauk seperti tahu tempe bacem, telur ceplok, telur dadar, empal, sate usus atau ati ampela ini memiliki cita rasa Pecel Jawa Timur yang khas. Pemiliknya sendiri memang asli orang jawa timur (bapaknya orang surabaya pasar turi dan ibunya orang blitar). Banyak orang mengira mereka galak dan judes. Tapi mereka tidak galak dan judes. Memang logat Jawa Timur seperti itu. Malahan mereka ramah sekali. Pelayanannya cepat dan sesuai antrian. Jadi, tidak bisa menyela antrian. Pecel Gumilang buka pukul 6 pagi dan biasanya sudah habis sebelum pukul 11 siang.

Sate Ayam Pak Pawiro

Sate Ayam Pak Pawiro

Image by @jogjabikinlaper

Lokasi : Pasar Gading, Jl. DI Panjaitan, Yogyakarta
Google Rating : 4.4 (9 Ulasan)
Google Map : Lokasi Sate Ayam Pak Pawiro

Kalau kamu mencari sate ayam, Sate Ayam Pak Pawiro yang berlokasi di Pasar Gading, Yogyakarta bisa dijadikan salah satu pilihan. Irisan sate dengan daging ayam kampungnya yang empuk dipadu dengan lontong dan bumbu kacang yang legit membuat sate ayam ini begitu nikmat disantap pada sore hari. Sate Ayam Pak Pawiro mulai buka pukul 4 sore dan biasanya sudah habis pada pukul 7 malam. Warung sate yang sudah buka sejak tahun 1967 ini memang layak untuk disebut sebagai salah satu legenda kuliner di Yogyakarta karena menyajikan sate yang khas (berbeda dengan sate ponorogo atau sate madura).

Sponsored links

Punya rekomendasi kuliner yang harus kami datangi? Beritahu kami melalui Form Informasi Kuliner. Tempat kuliner yang kamu rekomendasikan akan kami buatkan schedule untuk kami datangi.

×Close search
Search

Send this to a friend