skip to Main Content

Tempat-Tempat Ngopi Asik dan Unik di Yogyakarta Yang Harus Kamu Tahu!

Lagi di Yogyakarta? Jangan lupa mampir buat minum kopi. Selain memiliki makanan-makanan yang khas sebagai destinasi wisata kuliner, ternyata Yogyakarta juga memiliki tempat kopi yang “Hits” baik di dalam maupun luar negeri. Terbukti banyak wisatawan dari dalam maupun luar negeri yang sengaja berlibur ke Yogyakarta hanya untuk berkunjung dari satu kedai kopi ke kedai kopi lainnya, hanya sekedar untuk ngopi saja atau membeli greenbean atau roasted bean sebagai oleh-oleh saat kembali ke rumah. Selain kopinya yang nikmat, mereka yang berkunjung ke tempat-tempat ini bisa belajar banyak tentang kopi, bagaimana menyeduh kopi yang baik serta mengenal berbagai macam rasa dan aroma kopi yang berbeda-beda. Inilah tempat ngopi terfavorit dan mantab di Yogyakarta yang wajib kamu coba saat kamu berada di Kota Yogyakarta.

Sponsored links

Filosofi Kopi

Filosofi Kopi

Filosofi Kopi hadir di Yogyakarta tidak dengan tema coffee shop yang modern tetapi membawa suasana tempat ngopi yang Yogyakarta banget. Berada di sebuah komplek yang bernuansa jawa dan tepat bernaung di bawah Joglo serta berada di daerah yang jauh dari bisingnya kendaraan membuat para penikmati kopi di kedai kopi ini masih bisa mendengar suara serangga malam di desa. Filosofi Kopi datang dan membaur menjadi satu bagian dari Yogyakarta. Mengandalkan 3 beans andalannya, Tiwus, Lestari dan Perfecto, Filosofi Kopi selalu menjadi tempat yang ngangenin untuk ngopi sambil menghabiskan waktu bersama teman atau pasangan. Berlokasi di Tegalrejo, Sariharjo, Ngaglik, Sleman dan mulai buka pukul 11 siang sampai 11 malam. Filosofi Kopi adalah sebuah kedai kopi yang sangat layak untuk disinggahi saat kamu sedang di Yogyakarta. Bukan hanya kopinya saja yang ngangenin tapi suasananya akan membuatmu terhanyut akan nostalgi dengan Kota Yogyakarta.

Klinik Kopi

Klinik Kopi

Mas Pepeng, sosok barista di balik kesuksesan Klinik Kopi yang selalu setia menyeduh kopi-kopi pilihan pelanggannya yang datang satu per satu. Klinik Kopi sengaja melayani tamunya satu per satu untuk meracikkan kopi dan bercerita tentang asal muasal kopi yang mereka minum sekaligus efeknya buat tubuh. Bagi Mas Pepeng setiap orang punya rasa kopinya sendiri. Kamu tinggal memilih mau rasa kopi yang sepeti apa ke Mas Pepeng dan Mas Pepeng akan meraciknya menjadi secangkir kopi dengan rasa pilihanmu. Di tempat ini tidak ada gula ya karena Klinik kopi berkeinginan agar setiap orang bisa merasakan cita rasa asli dari kopi tersebut dan tak selamanya kopi itu pahit. Tempat yang mengusung tema eco-friendly ini berlokasi di Jl. Kaliurang KM. 7.5, Gang Bima, Sinduharjo, Yogyakarta dan mulai buka pukul 4 sore hingga 8 malam.

Kiosk Coffee

Kiosk Coffee

Sederhana namun istimewa, mungkin kata-kata itulah yang bisa menggambarkan Kiosk Coffee Jogja. Kiosk Coffee hadir di Yogyakarta dengan konsep kios kopi yang bertengger di pinggir jalan seperti yang bisa kamu temui di Jepang.  Berlokasi di kawasan Prawirotaman atau lebih tepatnya di Jl. Parangtritis No.73 dan hanya nampak seperti sebuah tempat ngopi yang sederhana ini, secara ajaib mereka mampu menarik setiap orang yang melintas untuk mampir. Terbukti banyak wisatawan mancanegara yang menginap di sekitaran Prawirotaman selalu mampir untuk ngopi di tempat ini.  Beans yang bervariasi setiap bulannya menjadikan tempat ini tak pernah bosan untuk dikunjungi karena selalu ada rasa baru ditempat ini. Kiosk Coffee Jogja ini memberi inspirasi kepada mereka yang datang. Betapa untuk memiliki kedai kopi kamu tak melulu harus punya tempat yang luas dan alat-alat kopi mewah mentereng. Karena kesederhanaan rupanya mampu juga membahagiakan kita. Penasaran dengan Kiosk Coffee yang menjadi tempat ngopi favorit bule-bule di Yogyakarta?

Epic Coffee

Epic Coffee

Salah satu tempat ngopi unik di Yogyakarta dengan design industrial ini benar-benar “instagramable” banget. Terbagi menjadi dua tempat indoor dan outdoor menjadikan tempat ini sangat nyaman untuk sekedar ngobrol santai bersama teman atau keluarga. Kamu bisa milih signature beverage, expresso base, manual brewing, coffee blended, fresh drink, sampai menu makanan fancy seperti rosemary roasted chicken yang di-plating ala gourmet. Epic Coffee sendiri berlokasi di Jl. Palagan Tentara Pelajar No.29 dan mulai buka mulai pukul 10 pagi sampai 11 malam. Nah, kalau kamu lagi yang ingin mencari spot foto-foto buat sosial media kamu sambil ngopi-ngopi cantik, Epic Coffee bisa kamu masukkan menjadi salah satu destinasi tempat ngopi kamu.

Wande Kopi Gallery

Wande Kopi Gallery
Salah satu tempat ngopi di pinggir sungai di Kota Yogyakarta ini memiliki tempat yang nyaman dan asri terlebih lagi jika kamu datang di sore hari, kamu bisa menikmati sunset sambil minum kopi dari pinggir sungai. Berlokasi di Komplek Ruko Tri Tunggal No. T1, Wirosaban, Yogyakarta ini memiliki berbagai macam koleksi single origin yang berasal dari Indonesia. Untuk harganya sendiri bisa dibilang cukup murah dan sangat-sangat cocok di kantong pelajar atau mahasiswa.  Jadi, kalau kamu mau cari tempat ngopi yang cozy dan enak serta bersahabat di kantong cobalah datang ke Wande Kopi Gallery.

Pitutur Kopi

Pitutur Kopi

Pitutur berangkat dari kegemaran sang pemilik yaitu minum kopi sambil membaca buku. Pitutur sendiri berasal dari kata koPI, TUlisan dan kulTUR. Bertempat di Jalan Bausasran 60, Purwokinanti, Yogyakarta. Pitutur Kopi hadir dengan konsep istimewa yaitu ruang baca yang dilengkapi dengan beberapa lukisan dan sajian musik klasik yang akan membuat kamu betah berlama-lama di sini. Selain kopi lokal yang disajikan, tempat ini juga menyajikan brownies homemade yang wajib kamu coba saat minum kopi di sini. Tak sampai 30 ribu rupiah untuk dapat menikmati secangkir kopi saring plus kue enak. Yang selalu menjadi istimewa adalah kamu akan serasa di rumah saat kopi mengunjungi Pitutur Kopi.

Lagani Coffee

Lagani Coffee

Inilah kedai kopi yang bisa bikin kamu betah stay di kedai kopi meskipun kopi yang kamu minum sudah habis. Berlokasi di Jalan Cendrawasih No. 4, Demangan dan Jalan Komplek Colombo No. 45, Demgangan. Lagani Coffee mengusung tema retro dan industrial menjadikan tempat ini nyaman bagi setiap penikmati kopi yang datang dan menghabiskan waktu di Lagani Coffee. Selain suasana lagani coffee yang emang asik, kamu juga bisa menikmati aneka kopinya yang bisa bikin kamu “ngeksis” di Instagram kamu. Kamu bisa request cappucinno-nya yang numero uno dengan latte art bermacam bentuk. Mulai dari motif burung bangau sampai kucing yang foamy. Semuanya makin kerasa lengkap kalau kamu pesen pastry yang gurih juga. Penasaran dengan Lagani Coffee?

Maraville Coffee

Maraville Coffee

Berlokasi di Jalan Kaliurang km 5, Gang Sitisonya 1B, Yogyakarta memiliki tempat dengan tampilan putih yang terkesan nyaman dan bersahabat ketika kamu datang berkunjung. Ruangannya cukup luas dengan beberapa tempat duduk dan meja yang bisa digunakan untuk 4 sampai 6 orang per-mejanya. Cocok banget untuk kalian yang suka ngopi sambil mengerjakan tugas. Di Maraville Coffee ini selain kamu bisa menikmati segelas kopinya yang istimewa, kamu juga bisa menikmati sajian ringan sampai hidangan utama yang memiliki rasa “awesome” untuk sebuah tempat ngopi. Maraville Coffee berhasil menghadirkan ketenangan serta cita rasa kopi seperti yang kita butuhkan dan inginkan. Dengan mengedepankan suasana yang sangat kekinian, dan menu-menu yang memikat.

Umah Kopi Gayo

Umah Kopi Gayo

Tempat enak, suasana nyaman, kopi nikmat serta penjualnya yang ramah adalah sebuah paket komplit dari kedai kopi yang berlokasi di selatan Tugu Yogya ini atau tepatnya di Jalan Margo Utomo No. 131, Yogyakarta. Umah Kopi Gaya adalah salah satu tempat “The best single origin coffee from Gayo Highland”. Rasa kopi gayo yang disajikan benar-benar nikmat terlebih lagi saat kamu ngopi sambil melihat keceriaan wisatawan menikmati keindahan Tugu di waktu malam. Selain kopinya yang nikmat, pemiliknya juga sangat ramah dan dia memperlakukanmu seperti kamu adalah teman lamanya. Hal itulah yang selalu membuat orang ingin kembali ke kedai kopi yang satu ini.

Slurp! Coffee & Figs Tea

Slurp! Coffee & Figs Tea

Buat kalian penggemar cold brew inilah salah satu tempat di Yogyakarta yang harus kamu kunjungi. Ada berbagai macam varian cold brew hasil olahan tangan-tangan handal barista dari tempat ini yang siap kamu coba. Keramahan dan keakraban sepertinya sudah menjadi bagian dari tempat ini, kamu bisa sharing dan ngobrol tentang kopi bersama barista di Slurp! Coffee & Figs Tea. Nah, buat kamu yang mau mencoba cold brew dari Slurp! Coffee & Figs Tea. Kamu bisa langsung datang ke Jalan Veteran No.202, Pandeyan, Yogyakarta. Oh ya, tidak hanya kedai kopi dan teh saja. Namun Slurp! Coffee & Figs Tea juga menyediakan biji kopi greenbean dan roasted bean(sudah dimasak/sangrai).

Substansi Kopi

Substansi Kopi

Meskipun memiliki tempat yang minimalis, Substansi Kopi selalu menjadi pilihan bagi mereka yang ingin minum kopi sambil bersantai bersama teman maupun keluarga, buat mengerjakan tugas atau sekedar mengobrol sambil menikmati kopi. Substansi Kopi menyediakan berbagai jenis kopi hasil roasting sendiri, dengan metode seduh manual. Di sini kamu bisa ngobrol plus sharing tentang kopi dengan barista/ownernya. Tak hanya kopi, tempat ini juga menyediakan minuman lain berupa teh atau milkshake jadi buat kamu yang tak bisa minum kopi jangan khawatir. Substansi Kopi berlokasi di Jalan Sisingamangaraja No.83, Yogyakarta.

Ruang Seduh

Ruang Seduh

Memiliki tempat yang tak terlalu besar bukan berarti tempat ini hanya biasa-biasa saja, ketika pertama kali melihat tempat ini kesan pertama adalah stylish. Tempat yang berlokasi di Jl. Tirtodipuran 46, Yogyakarta ini memiliki konsep terbuka dimana Ruang Seduh Yogyakarta menawarkan sensasi meminum kopi yang tidak biasa. 0Hal yang membuat tak biasa adalah cara pembuatannya. Bukan hanya piawai, namun barista dengan senang akan mengajarkan anda untuk menghasilkan karakter kopi yang kuat. Mulai dari memilih biji kopi, sampai menyeduhnya sendiri adalah paket lengkap bagi para penikmat kopi dengan tujuan untuk saling berbagi. Ruang seduh menghadirkan ragam biji kopi pilihan, demikian juga metode penyeduhanya. Mulai dari kopi Sumbawa, Toraja, Sumatra, Peaberry Sembalun, sampai caffe latte, espresso dan americano yang mampu memadukan dua unsur kebudayaan antara warisan nenek moyang dan cita rasa modern. Bagi yang kurang bersahabat dengan kopi, anda dapat menyicipi aneka teh dan coklat. Makanan ringan seperti Tokyo Banana Cake juga tak kalah enak untuk disantap sembari menikmati minuman sore anda.

The Civet House

The Chivet House

Salah satu tempat ngopi di Yogyakarta yang memiliki cappucino yang rasanya mantab. Untuk koleksi single originnya terbilang cukup lengkap di kedai kopi ini. Kedai kopi yang berlokasi di Jalan Pasar Kembang No. 31 ini memiliki konsep street bar kopi. Kalau kamu sedang berjalan-jalan di Malioboro dan merasa lelah, mampirlah ke The Civet House. Selain kopi, kedai kopi ini menyediakan berbagai jenis makanan dan salah satu menu yang paling recommended adalah pisang goreng matcha. Barista di kedai ini juga sangat ramah dan siap menjawab setiap pertanyaan yang berhubungan dengan kopi.

Space RoasterySpace Roastery

 

Space Roastery adalah salah satu coffee shop terfavorit di Yogyakarta. Keunikan tersendiri dari kedai ini adalah selalu menyeduh biji kopi yang fresh dan aroma yang khas. Di Space Roastery kamu bisa menemukan banyak pilihan bean, tersedia juga cupping note yang lumayan lengkap. Dan yang terpenting adalah barista enak buat diajak konsultasi untuk memilih jenis bean yang pas buat kamu. Space Roastery yang berlokasi di Gg. Loncang No.88, Rogoyudan, Sinduadi, Yogyakarta ini juga menyediakan bean bagi mereka yang ingin home brew. Oh, ya jika kamu kesini bisa coba “Kopi Santan” atau cappucinonya.

Uppers Coffee

Kalau kamu penyuka latte datanglah ke kedai kopi yang berlokasi di Jalan Monjali No. 78, Yogyakarta ini karena Greentea Latte di Uppers Coffee benar-benar istimewa. Suasana di kedai kopi ini cukup menyenangkan karena baristanya yang ramah serta terdapat dua pilihan tempat yaitu indoor dan outdoor. Selain ngopi kamu bisa sambil membaca buku atau bermain catur, uno, dll. Nah, buat yang mau ngerjain tugas ditempat ini WiFi-nya kencang dan banyak stop-kontak jadi sangat cocok nih buat kamu kalau mau bawa laptop juga. Untuk koleksi single originnya bisa dibilang cukup lengkap juga tak heran kedai kopi yang berdiri sejak tahun 2016 ini selalu ramai dikunjungi para penikmat kopi.

Lumbini Warung Apresiasi

Lumbini Warung Apresiasi

Lumbini Warung Apresiasi atau yang juga dikenal dengan Wapres Lumbini ini berlokasi di Gang Menukan, Brontokusuman, Yogyakarta. Meskipun berlokasi di gang tempat ini tidak pernah mengecewakan bagi siapa saja yang berkunjung. Tempat yang nyaman dan bisa dijadikan tempat untuk apresiasi ini memiliki berbagai banyak tanaman yang menambah kesejukan di Wapres Lumbini. Nah, buat kamu yang tidak terlalu suka kedai kopi yang ramai kedai kopi ini dapat menjadi pilihan yang pas buat kamu. Untuk waktu yang paling tepat kapan berkunjung ke kedai kopi ini cobalah datang jam 3 atau 4 sore karena ngopi sore-sore ditempat ini benar-benar nikmat.

Punya rekomendasi kuliner yang harus kami datangi? Beritahu kami melalui Form Informasi Kuliner. Tempat kuliner yang kamu rekomendasikan akan kami buatkan schedule untuk kami datangi.

Sponsored links
×Close search
Search

Send this to a friend