skip to Main Content

Tempat Wisata Kece di Dalam Kota Yogyakarta yang Harus Kamu Datangi

Kalau kamu sedang jalan-jalan di Kota Yogyakarta dan bingung mau kemana tapi malas berpergian terlalu jauh dari pusat Kota Yogyakarta. Datanglah ke tempat-tempat wisata berikut ini, selain tempatnya yang eksotis ada beberapa tempat memiliki suasana “instagramable” banget yang sangat cocok untuk berfoto-foto bersama kamu dan teman kamu. Nah, penasaran dengan tempat-tempatnya? Inilah tempat-tempat wisata kece di dalam kota Yogyakarta yang harus kamu datangi.

Sponsored links

Situs Warungboto

Situs Warungboto

Image by @chan_ikhsan93

Siapa bilang berkunjung ke situs bersejarah itu membosankan, berlokasi di Jl. Veteran, Warungboto, Umbulharjo, Kota Yogyakarta terdapat sebuah situs sejarah yang mungkin bisa dibilang mirip dengan salah satu tempat wisata di Kota Yogyakarta, Taman Sari. Memiliki arsitektus bangunan yang eksotis menjadikan Situs Warungboto ini menjadi tempat favorit berfoto para publik figur baik itu hanya sekedar untuk memenuhi kolom instagram pribadi atau membuat foto berkonsep seperti foto pre-wedding yang pernah dilakukan oleh putri Presiden Joko Widodo, Kahiyang Ayu. Keseluruhan arsitektur bangunan Situs Warungboto mirip sekali dengan Taman Sari, termasuk dinding-dindingnya yang kokoh tebal dan lorong-lorongnya yang beratap lengkung yang akan memberi sensasi tersendiri ketika kita menelusurinya. Seperti di Taman Sari, Situs Warungboto juga memiliki kolam-kolam meskipun tidak sebesar di Taman Sari. Satu kolam bundar dengan sumber air ditengahnya yang terhubung dengan satu kolam persegi yang lebih luas. Kolam-kolam tersebut tentu saja memiliki keunikannya masing-masing.

Sumur Gumuling

Sumur Gumuling

Image by @iwanamaco

Berlokasi di Komplek Taman Air Taman Sari, Patehan, Kraton, Kota Yogyakarta , Sumur Gumuling yang dulunya adalah masjid bawah tanah yang dipergunakan Sultan Yogyakarta untuk beribadah sewaktu pengejaran belanda, kini menjadi lokasi spot foto yang sangat eksotis atau biasanya kita menyebutnya dengan spot yang “instagramable” banget. Untuk sampai ke Sumur Gumuling ini memang bisa dibilang tidak mudah karena lokasinya yang ersembunyi, jika kalian tidak mau repot ada baiknya menggunakan jasa tour guide saja. Selain lebih mudah dan cepat menuju lokasi Sumur Gumuling, menggunakan jasa tour guide akan membuat kita lebih banyak tahu tentang sejarah dari arsitektur Sumur Gumuling yang sangat indah.

De Mata Trick Eye Museum Jogja

De Mata Trick Eye Museum Jogja

Image by @desninayoan

Tempat berfoto 3D dan properti rumah terbalik ini berlokasi di XT Square, Jl. Veteran No.150-151, Pandeyan, Umbulharjo, Kota Yogyakarta, akan memberikan pengalaman yang seru dan sayang untuk dilewatkan jika kamu berkunjung ke Kota Yogyakarta. Memiliki banyak spot foto trick eye membuat tempat ini tidak pernah membuat bosan bagi siapa saja yang telah mengunjunginya. Di De Mata Trick Eye Museum, pengunjung dapat merasakan sensasi tiga dimensi dengan berbagai pose dan latar belakang yang mengagumkan karena seperti nyata. Disebut terbesar di dunia karena di XT Square Yogyakarta terdapat 120 gambar tiga dimensi, sedangkan di luar negeri paling banyak hanya 70 gambar. Kehadiran De Mata Trick Eye Museum di XT Square, merupakan sesuatu yang baru, unik dan spektakuler, karena wahana wisata museum ini merupakan satu-satunya yang pertama di Yogyakarta bahkan di Jawa Tengah. Unik karena menghadirkan beraneka gambar mulai dari tema alam, olahraga, tokoh, binatang, super hero, roman, sirkus, ornamen, termasuk obyek wisata Tamansari dan Pagelaran Kraton Yogyakarta.

Taman Sari Yogyakarta

Taman Sari Yogyakarta

Image by @patrilita

Kalau main ke Yogyakarta jangan lupa nih mampir ke destinasi wisata satu ini. Berlokasi di Patehan, Kraton, Kota Yogyakarta, Taman Sari dulunya digunakan sebagai tempat pemandian para puteri raja. Di dalam Taman Sari terdapat tiga kolam besar yang saling terhubung, arsitektur yang eksotis serta sususnan bangunan yang megah membuat Taman Sari sangat cocok dijadikan lokasi buat berfoto baik hanya sekedar foto selfie atau foto berkonsep seperti pre-wedding. Untuk menyusuri satu komplek Taman Sari, pengunjung sebaiknya diantar tour guide agar tidak salah arah dan dapat menjangkau semua area. Untuk tiket masuk sendiri hanya Rp. 5.000,- saja dan jika kamu membawa kamera maka akan ada biaya tambahan Rp. 3.000,-. Untuk tour guide biasanya bayar secara sukarela.

Alun Alun Kidul Yogyakarta

Alun Alun Kidul Yogyakarta

Image by @marahuda

Inilah salah tempat favorit di Kota Yogyakarta bagi siapa saja yang berkunjung ke Kota Gudeg. Di pagi hari kita bisa menemukan banyak sekali pilihan sarapan pagi dan sekalian olah raga pagi dan di malam harinya kita bisa melihat suasana malam yang meriah dengan kelap-kelip lampu dari mobil hias yang bisa kita sewa untuk berkeliling di alun-alun kidul. Selain mobil hias, kita bisa mencoba wisata masangin yaitu berjalan melewati dua pohon beringin yang berada ditengah-tengah alun-alun dengan mata tertutup, konon katanya apabila berhasil dalam sekali percobaan maka keinginan kita bisa terkabul. Oh, ya kamu bisa berwisata kuliner juga disini mulai dari minum ronde bahkan sampai ngopi di kedai kopi di sekitar alun-alun kidul. Biasanya pengunjung di tempat wisata ini juga sering berfoto dengan indahnya kelap-kelip lampu yang ada di alun-alun.

Titik Nol Kilometer Yogyakarta

Titik Nol Kilometer

Image by @hilmy_red21

Titik Nol Kilometer menjadi destinasi wajib bagi kamu yang ingin mengabadikan suasana Kota Yogyakarta tepat di jantung kotanya. Kawasan ini selalu ramai dan dilewati orang setiap harinya, mulai dari subuh hingga dini hari. Kawasan di sekitar Titik Nol Kilometer merupakan kawasan penting pada masa lalu hingga kini. Di kawasan tersebut terdapat bangunan-bangunan bergaya art deco yang menjadi landmark, seperti Gedung Bank Indonesia, Benteng Vredeburg, Gedung Bank BNI Pusat, Istana Kepresidenan Gedung Agung dan Gedung Kantor Pos Besar. Tepat di Gedung Kantor Pos Besar, kamu akan menemukan Monumen Serang Umum 1 Maret. Selain di kelilingi dengan bangunan-bangunan yang indah dan bersejarah, di kawasan ini juga terdapat area hijau dengan pepohonan yang rindang serta bangku-bangku taman yang unik. Aneka instalasi kesenian yang dipasang di kawasan Titik Nol Kilometer menambah suasana semakin berbudaya. Jika kamu ingin berkunjung ke Titik Nol Kilometer, datanglah di sore hari karena mulai sore hari banyak orang-orang yang mulai berkumpul di Titik Nol Kilometer untuk berkumpul, bernyanyi bersama teman bahkan berfoto-foto.

Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat

Kraton Yogakarta

Image by @arundhaya

Jika kamu mau tahu tentang sejarah Yogykarta, datanglah ke Keraton Ngayogyakarta yang berlokasi di dekat Alun-Alun Utara Yogyakarta. Keraton Ngayogakarta masih menjadi tujuan utama destinasi wisatawan lokal maupun mancanegara karena di Keraton kita bisa melihat dan tahu hal-hal luar biasa warisan kebudayaan yang menjadi bagian dari sejarah Yogyakarta. Di sini kamu bisa melihat berbagai koleksi milik kesultanan, termasuk berbagai pemberian dari raja-raja Eropa, replika pusaka keraton, dan gamelan. Dari segi bangunannya, keraton ini merupakan salah satu contoh arsitektur istana Jawa yang terbaik, memiliki balairung-balairung mewah dan lapangan serta paviliun yang luas. Jika kamu mengunjungi keraton jangan lupa menyewa jasa tour guide agar kamu juga tahu cerita sejarah dibalik peninggalan-peninggalan sejarah yang ada. Untuk biaya masuknya di keraton terbilang cukup murah hanya Rp. 7.000,- saja dan jika kamu membawa kamera akan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp. 1.000,-.

Malioboro Yogyakarta

Malioboro

Image by @nauvalramdhany

Inilah kawasan ikonik dari Yogyakarta, Malioboro tidak pernah sepi dari pengunjung mulai dari hari biasa hingga liburan tiba. Malioboro juga dikenal sebagai surga belanja bagi para wisatawan yang berkunjung di Yogyakarta, sepanjang Jalan Malioboro kita bisa menemukan banyak penjual batik, oleh-oleh khas Yogya, souvenir hingga kuliner mulai dari bakmi jawa hingga gudeg. Selain berbelanja kita bisa juga menikmati sore hari di Malioboro dengan duduk di bangku-bangku yang telah disediakan atau berfoto-foto di sepanjang Jalan Malioboro. Waktu terbaik untuk datang ke Jalan Malioboro adalah malam hari karena pada malam hari banyak pedagang makanan sudah mulai buka dan para musisi jalanan sudah mulai beraksi dengan berbagai alat musik yang bervariasi. Ada pepatah mengatakan, “Belum ke Yogya Kalau Belum Ke Malioboro”.

Tugu Yogyakarta

Tugu Yogyakarta

Image by @amiw.photo

Ada yang kurang rasanya kalau ke Yogyakarta dan belum ke Tugu Yogyakarta. Di Tugu Yogyakarta kamu bisa berfoto atau sekedar nongkrong di sekitaran kawasan Tugu Yogyakarta sambil menikmati makanan angkringan yang banyak berjualan di sekitar kawasan tersebut. Jika kamu ingin berkunjung ke Kawasan Tugu Yogyakarta, sebaiknya kamu datang malam hari karena selain tidak panas, suasana juga lebih bagus untuk berfoto. Oh, ya apabila kamu akan berfoto bersama teman-teman di dekat Tugu Yogyakarta, diharapkan kamu lebih berhati-hati karena Tugu Yogyakarta berada di tengah-tengah perempatan besar yang ramai dengan lalu lalang kendaraan bermotor.

Kebun Binatang Gembira Loka

Gembira Loka

Image by @idrissaelany

Kebun Binatang Gembira Loka sudah tak seperti dulu, setelah ada pergantian menejemen Kebun Binatang Gembira Loka lebih kece baik dari desain kebun binatang hingga koleksi satwa yang lebih lengkap. Gembira Loka yang baru menyajikan suasanya yang lebih asri seolah-olah kita benar-benar berada di hutan yang memiliki banyak satwa. Kebun Binatang Gembira Loka juga menjadi salah satu tujuan destinasi wisata edukasi yang ada di Yogyakarta. Di kebun binatang Gembira Loka kamu bisa berfoto bersama satwa yang telah jinak atau dengan berbagai object menarik yang ada di kawasan kebun binatang tersebut. Untuk fasilitas yang disediakan juga cukup lengkap, seperti transportasi di dalam kebun binatang apabila kamu merasa lelah berjalan kaki, tempat makan yang bisa dibilang untuk rasa juga cukup enak, dan masih banyak fasilitas lainnya yang akan membuat kamu betah di Kebun Binatang Gembira Loka.

Taman Pintar Yogyakarta

Taman Pintar Yogyakarta

Image by @suhadirita_

Kalau kamu ke Yogyakarta dan ingin berwisata edukasi maka Taman Pintar adalah pilihan yang tepat. Taman Pintar benar-benar bisa membuat pengunjungnya pintar, segela pengetahuan mulai dari sains sampai sejarah terdapat di sini. Taman pintar sangat cocok dikunjungi oleh mereka yang masih bersekolah mulai dari usia SD sampai dengan SMA/SMK. Untuk tiket masuknya sendiri tidak mahal alias hemat di kantong. Selain ilmu pengetahuan yang didapat, tempat ini menyediakan tempat untuk berswafoto, ada dunia terbalik dan 3D yang bisa kamu manfaatkan untuk berswafoto. Di sekeliling taman pintar juga terdapat banyak jajanan yang siap memanjakan lidan dan menghilangkan dahaga setelah berjalan-jalan di Taman Pintar. Taman Pintar berlokasi di Jl. Panembahan Senopati No.1-3, Ngupasan, Gondomanan, Kota Yogyakarta.

De Arca Statue Museum

De Arca Statue Museum

Image by @myfams_trip

Satu lagi destinasi wisata yang instagramable di Kota Yogyakarta yaitu De Arca Statue Museum yang berlokasi di XT Square, Jl. Veteran, Pandeyan, Umbulharjo, Kota Yogyakarta. enampilkan patung tokoh-tokoh dunia dan Indonesia, mulai dari Pahlawan kemerdekaan, presiden pertama hingga presiden saat ini. Tokoh-tokoh dunia tidak hanya dari kalangan bangsawan kerajaan atau tokoh politik, tetapi juga tokoh dari atlit olah raga seperti Valentino Rossi, Dani Pedrosa, David Beckham hingga artis Internasional juga ada disini. Harga tiket masuk yang tidak terlalu mahal menjadikan museum De Arca ini pilihan untuk berkunjung saat anda berada di Kota Yogyakarta. Banyak yang menyebut museum ini sebagai “Indonesian Madame Tussauds”.

Sponsored links
×Close search
Search

Send this to a friend